Jumat, 30 November 2012

Essay Ulangan Harian 3 Ekonomi "Penawaran dan Permintaan"


Pak Amir Samsudin adalah seorang pedagang mangga di Pasar Tambun. Mangga simanalagi pada hari ini dijual di pasaran seharga Rp. 6.000,00/kg. Kemarin, Pak Amir baru saja membeli mangga dari Ibu Tutik, tetangga samping rumahnya. Dengan  begitu, Pak Amir sebenarnya bisa menjual harga mangga sebesar Rp, 4.000,00 per kg.  Sementara itu, Bu Sinta yang baru saja gajian, membawa uang ke pasar sebesar Rp. 10.000,00. Asumsi Bu Sinta, harga mangga simanalagi Rp. 10.000,00. Karena harganya lebih murah, maka Bu Sinta membelinya 6.5 kg.
  1. Analisalah kasus di atas dan golongkanlah Pak Amir dan Bu Sinta termasuk ke dalam jenis penjual dan pembeli yang seperti apa ?
  2. Berapakah premi konsumen dan produsen yang dimiliki Pak Amir dan Bu Sinta?
  3. Tuliskan Hukum Permintaan dan Penawaran dan berikan contoh nyata dalam kehidupanmu sehari-hari!
  4. Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran!
  5. Fungsi permintaan Qd = 210 – 3P dan fungsi penawaran Q = -40 + 2P. Buatkan kurva keseimbangan !
  6. Perhatikan tabel berikut :

Harga
Jumlah
Rp. 2000
Rp. 4000
300
500
-Buatlah fungsi penawaran!
- Hitunglah koefisien elastisitasnya !
* * *
1.     Pak Amir, sang penjual termasuk kedalam golongan penjual supermarginal karna harga jualnya dibawah harga pasar. Sementara Bu Sinta termasuk kedalam golongan pembeli supermarginal karna bu Sinta mampu membeli diatas harga pasar.
2.    a). Premi Konsumen:
Uang yang dimiliki bu Sinta – harga pasar = premi
10000                             -        4000    = 6000

      b). Premi Produesen:
            Harga pasar – harga yang ditawarkan = premi
            6000               -           4000                         = 2000

3.    a). Hukum Permintaan

“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang diminta.”

Contohnya:
Harga tiket pesawat terbang yang turun untuk semua jalur di indonesia menyebabkan jumlah tiket pesawat terbangyang diminta meningkat. Seseorang yang akan naik kereta api atau kapal laut karena pertimbangan waktu dan harga tiket pesawat yang tidak mahal memutuskan untuk naik pesawat. Makin tinggi harga, makin rendah jumlah barang yang diminta. Ada hubungan terbalik antara tingkat harga dan jumlah barang dan jasa yang diminta.

        b). Hukum penawaran

“Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang ditwarkan.”

Contohnya:
Penjualan daging ayam. Pada tingkat harga Rp. 11.000/kg, penjual daging ayam hanya bersedia menjual ayam sebanyak 25 kg. Selanjutnya jika harga naik menjadi Rp. 13.000/ kg. Penjual tersebut bersedia menambah penawarannya menjadi 40 kg. Begitu seterusnya sampai harga mencapai Rp. 14.000/kg. Penjual daging ayam makin berani menawarkan jumlah yang makin tinggi, yaitu 60 kg. Makin tinggi harga. Makin tinggi pula jumlah daging ayam yang ditawarkan. Disebabkan keuntungan yang akan diperoleh makin tinggi. Katakanlah harga daging ayam tiba-tiba turun dari Rp. 12.000/ kg menjadi Rp. 10.000/ kg. Pada tingkat harga yang rendah itu, penjual  hanya bersedia menjualnya sebanyak 30 kg. Ia berpikir lebih baik ayam yang masih hidup tidak dipotong dulu dan disimpan di kandang untuk dijual nanti ketika harga meningkat lagi. Hargalah yang sangat mempengaruhi barang yang ditawarkan. Makin tinggi harga, makin tinggi pula kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya makin rendahharga suatu barang dan jasa, makin rendah pula jumlah barang dan jasa tersebut yang ditawarkan. 

4. a). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Tingkat Permintaan
        1. Perilaku konsumen / selera konsumen
        2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
        3. Pendapatan/penghasilan konsumen
        4. Perkiraan harga di masa depan
        5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
   b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
        1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
        2. Tujuan Perusahaan
        3. Pajak
        4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
        5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan

5. Kurva





6. Fungsi Permintaan

1/3 | Fungsi Permintaan

2/3 | Fungsi Permintaan

3/3 | Koefisien Elastis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger