Pak Amir Samsudin adalah seorang pedagang
mangga di Pasar Tambun. Mangga simanalagi pada hari ini dijual di pasaran
seharga Rp. 6.000,00/kg. Kemarin, Pak Amir baru saja membeli mangga dari Ibu
Tutik, tetangga samping rumahnya. Dengan begitu, Pak Amir sebenarnya bisa
menjual harga mangga sebesar Rp, 4.000,00 per kg. Sementara itu, Bu Sinta
yang baru saja gajian, membawa uang ke pasar sebesar Rp. 10.000,00. Asumsi Bu
Sinta, harga mangga simanalagi Rp. 10.000,00. Karena harganya lebih murah, maka
Bu Sinta membelinya 6.5 kg.
- Analisalah kasus di atas dan
golongkanlah Pak Amir dan Bu Sinta termasuk ke dalam jenis penjual dan
pembeli yang seperti apa ?
- Berapakah premi konsumen dan
produsen yang dimiliki Pak Amir dan Bu Sinta?
- Tuliskan Hukum Permintaan
dan Penawaran dan berikan contoh nyata dalam kehidupanmu sehari-hari!
- Tuliskan faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran!
- Fungsi permintaan Qd = 210 –
3P dan fungsi penawaran Q = -40 + 2P. Buatkan kurva keseimbangan !
- Perhatikan tabel berikut :
Harga
|
Jumlah
|
Rp. 2000
Rp. 4000
|
300
500
|
-Buatlah fungsi penawaran!
- Hitunglah koefisien elastisitasnya !
* * *
1.
Pak
Amir, sang penjual termasuk kedalam golongan penjual supermarginal karna harga
jualnya dibawah harga pasar. Sementara Bu Sinta termasuk kedalam golongan pembeli
supermarginal karna bu Sinta mampu membeli diatas harga pasar.
2. a).
Premi Konsumen:
Uang
yang dimiliki bu Sinta – harga pasar = premi
10000 -
4000 = 6000
b). Premi Produesen:
Harga pasar – harga yang ditawarkan
= premi
6000 -
4000 = 2000
3. a). Hukum
Permintaan
“Semakin turun
tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya
semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang diminta.”
Contohnya:
Harga tiket pesawat terbang yang turun untuk semua jalur
di indonesia menyebabkan jumlah tiket pesawat terbangyang diminta meningkat.
Seseorang yang akan naik kereta api atau kapal laut karena pertimbangan waktu
dan harga tiket pesawat yang tidak mahal memutuskan untuk naik pesawat.
Makin tinggi harga, makin
rendah jumlah barang yang diminta. Ada hubungan terbalik
antara tingkat harga dan jumlah barang dan jasa yang diminta.
b). Hukum
penawaran
“Semakin tingi
harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah
tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang ditwarkan.”
Contohnya:
Penjualan daging ayam. Pada tingkat harga Rp. 11.000/kg,
penjual daging ayam hanya bersedia menjual ayam sebanyak 25 kg. Selanjutnya
jika harga naik menjadi Rp. 13.000/ kg. Penjual tersebut bersedia menambah
penawarannya menjadi 40 kg. Begitu seterusnya sampai harga mencapai Rp.
14.000/kg. Penjual daging ayam makin berani menawarkan jumlah yang makin
tinggi, yaitu 60 kg. Makin tinggi harga. Makin tinggi pula jumlah daging ayam
yang ditawarkan. Disebabkan keuntungan yang
akan diperoleh makin tinggi. Katakanlah harga daging
ayam tiba-tiba turun dari Rp. 12.000/ kg menjadi Rp. 10.000/ kg. Pada tingkat
harga yang rendah itu, penjual hanya bersedia menjualnya sebanyak 30 kg.
Ia berpikir lebih baik ayam yang masih hidup tidak dipotong dulu dan disimpan
di kandang untuk dijual nanti ketika harga meningkat lagi. Hargalah yang sangat mempengaruhi barang yang ditawarkan.
Makin tinggi harga, makin tinggi pula kuantitas barang dan jasa yang
ditawarkan. Sebaliknya makin rendahharga suatu barang dan jasa, makin rendah
pula jumlah barang dan jasa tersebut yang ditawarkan.
4. a). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Tingkat Permintaan
1.
Perilaku konsumen / selera konsumen
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
3. Pendapatan/penghasilan
konsumen
4. Perkiraan harga di masa depan
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
1. Biaya produksi dan teknologi
yang digunakan
2. Tujuan Perusahaan
3. Pajak
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
2. Tujuan Perusahaan
3. Pajak
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
5. Kurva
1/3 | Fungsi Permintaan |
2/3 | Fungsi Permintaan |
3/3 | Koefisien Elastis |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar