1. Tuliskan ciri-ciri pasar
persaingan sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan
sempurna!
2. Tuliskan ciri-ciri pasar
persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak
sempurna!
3. Tuliskan ciri-ciri pasar
oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli
4. Tuliskan ciri-ciri pasar
tenaga kerja!
5. Tuliskan ciri-ciri pasar
faktor produksi !
1. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain :
a. Perusahaan adalah price
taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
b. Tiap perusahaan mudah
keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
c. Menghasilkan barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
d. Pembeli mempunyai pengetahuan
yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
2.
Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar persaingan sempurna
yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli. Pada pasar
ini penjual dapat menentukan harga barang. Barang yang diperjualbelikan
jenisnya heterogen (berbagai jenis barang).
Pasar Monopoli
|
Dibagi
menjadi 3 jenis pasar :
Pasar
monopoli terdapat ciri-ciri berikut ini.
a)
Hanya ada satu penjual sebagai pengambil keputusan harga (melakukan monopoli
pasar).
b)
Penjual lain tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya.
c)
Pedagang lain tidak dapat masuk karena ada hambatan dengan undang-undang atau
karena teknik yang canggih.
d)
Jenis barang yang diperjualbelikan hanya semacam.
e)
Tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan harga, contoh: PT
Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api
(persero).
Pasar
persaingan monopolistik terdapat ciri-ciri berikut ini.
a)
Terdiri atas banyak penjual dan banyak pembeli.
b)
Barang yang dihasilkan sejenis, hanya coraknya berbeda. Contoh: sabun, pasta
gigi, dan minyak goreng.
c)
Terdapat banyak penjual yang besarnya sama, sehingga tidak ada satu penjual
yang akan menguasai pasar.
d)
Penjual mudah menawarkan barangnya di pasar.
e)
Penjual mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan memengaruhi harga
pasar.
f)
Adanya peluang untuk bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual.
Pasar
persaingan oligopoli (dinomor 3)
3. Pasar
oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini.
a. Hanya terdapat sedikit
penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan memengaruhi penjual
lainnya.
b. Produk-produknya berstandar.
c. Kemungkinan ada penjual
lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d.
Peran iklan sangat besar
dalam penjualan produk perusahaan.
4. Ciri cirri pasar tenaga
kerja :
a. Faktor tenaga kerja
adalah manusia sehingga perlu diperlakukan layaknya manusia.
b. Penawaran tenaga kerja
bersifat inelastis.
c. Penawaran tenaga kerja
beraneka ragam.
5. ciri ciri pasar factor
produksi:
a. .Tidak berwujud fisik tetapi kegiatan.
b. .Permintaan dan penawaran faktor produksi
dilakukan dalam jumlah besar.
c. Jenis penawaran danpermintaan faktor produksi
sesuai dengan produksi yg dihasilkan
d. Penawaran faktor kadang merupakan monopoli
sedangkan permintaan faktor produksi bersifat kolektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar