Minggu, 31 Maret 2013

Projek Sosialisasi: Pelaksanaan

Minggu, 10 maret 2013. Kami ambil sebagai hari dimana kami akan melakukan projek besar ini. Pukul 7 pagi, aku sudah menuju kelokasi tapi kenyataan berkata lain. Yang ada disana hanya Lydia dan Tata yang ada disana, kemudian disusul dengan Ulam yang datang setelah aku. Kami pun bersiap siap sambil menunggu yang lain datang, sampai akhirnya  kami putuskan untuk memulai pembukaan karna melihat antusias murid murid yang begitu besar atas kedatangan kami.

Pertama- tama. Kami memperkenalkan diri satu persatu dihadapan mereka, setelah itu kami menjelaskan maksud dan tujuan dari REAL datang mengambangi kawasan mereka. Tak lama kemudian, Devira dan Fairuz pun datang. Dengan senyum lebarnya mereka datang. Beberapa dari kamipun meledek mereka berdua yang datang ngaret dari waktu yang sudah ditentukan dan hampir memberikan mereka hukuman. Hehehe…. =))



Pelajaran pertama, kami mengajarkan tentang Pengetahuan Astronomi yaitu, planet planet. Tampaknya mereka sudah begitu paham tentang planet planet disekita bumi. Kami sempat melempar beberapa pertanyaan kepada mereka dan yang berhasil menjawab lalu maju kedepan mendapatkan bingkisan yang sudah kami siapkan sebelumnya. Ya, kami paham kalau cara ini tidak efisien untuk mengajar dengan mengiming- imingkan hadiah tapi maksud dan tujuan kami baik hanya ingin membangun semangat mereka untuk belajar. 


Pelajaran kedua, kami meminta mereka untuk menggambarkan apapun. Kecuali gunung dan rumah. Karna menurut kami, kedua gambar itu tidak bisa membangkitkan kreativitas mereka. Coba bayangkan dari TK kita diajarkan mengambar gunung dan rumah yang begitu begitu aja bentuk gambarnya. Tak disangka, kreativitas mereka jauh lebih berkembang dari perkiraan kami. Gambar mereka memang biasa tapi apa yang mereka gambar sungguh imajinatif. Akhirnya… yang dua datang juga, mereka datang telat karna harus mengambil infokus disalah satu kampus didaerah cikarang, ya mau ngga mau karna infokus itu sangat membantu kami dalam pembelajaran nanti.





Pelajaran terakhir, kami isi dengan menonton film bernuansa islami. Lagi lagi mereka begitu antusias menyaksikan film itu. Tapi ada satu kejadian mengagetkan buat kami, ada dua murid laki laki yang bertikai entah apa yang diperebutkan. Kamipun langsung singap memisahkan mereka berdua hingga akhirnya suasana menonton pun jadi ricuh untung saja filmnya sudah berakhir jadi tinggal acara penutupan. Sebelum penutupan, kami memberi beberapa tebak tebakan serta games sebagai acara terakhir. Sungguh.. benar benar pengalaman pertama mengajar seperti ini. Yaaaa… walau masih dalam proses belajar, ini udah cukup lebih baik kok!!! Sampai ketemu  diprojek yang lebih besar guysssss…….

Mengabadikan Moment Terakhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger