Minggu, 31 Maret 2013

Projek Sosialisasi: Persiapan



Kali ini, aku mau ulas sedikit pengalamanku saat melakukan projek social beberapa waktu lalu. Ya  sih.. aku akui ini tugas liburanku. Karna kelas 12 Ujian Akhir Sekolah atau UAS, kami adik kelasnya diliburkan untuk sementara. Kebetulan banget, kelas aku mendapatkan tugas Projek Social. Setiap kelompok terdiri atas 9 orang dan ada 3 kelompok yang harus memberikan hasil Laporan Projek Sosialnya nanti ketika masuk sekolah.

Kelompokku terdiri atas aku sendiri, Devira, Fairuz, Ishri, Lydia, Levina, Tata,  Ulam dan seharusnya Vega juga ikut serta dalam ini semua.  Setelah pembagian kelompok, kamipun mulai merundingkan apa yang akan kami lakukan dalam Projek ini.  Bu Mugi sebagai guru Pembina kami, memerintahkan kami untuk membuat suatu kegiatan social dimasyarakat dalam bentuk apapun agar kami terbiasa dengan konflik- konflik diluar sana yang memerlukan ide dan kreativitas dalam memecahkan setiap permasalahan.

Kami pun terinspirasi dengan sekolah alit dalam Perahu Kertas, disekolah itu Kugy sebagai pemeran utama mengajar secara cuma cuma disekolah itu. Sekolah yang hanya terdiri dari anak anak kurang mampu.  Akhirnya kami memutuskan untuk mengajar dan kami menamakan projek kami “REAL” kepanjangan dari Religion, Education,  Art  and Language. Artinya kami mengajar tentang agama, pengetahuan, seni sampai bahasa kepada mereka calon murid murid kami.

Setelah berunding beberapa kali untuk menentukan tempat pelaksanaan, kami memutuskan untuk memilih salah satu tempat yang tak jauh dari kediaman tata, tadinya mau ngambil tempat disekitar Setu tapi karna memikirkan jarak dan kondisi tempatnya jadi kami batalkan. Rencannya disana kami mengajar mereka yang terdiri atas kelas 1 sampai 6 SD. Bukan hal yang mudah memang, mengajar 6 level sekaligus. Maka dari itu, sebelum hari ahad berlangsung kami mempersiapkannya sebaik baiknya dari materi apa yang akan kami ajarkan kepada mereka calon calon murid kami hingga bingkisan yang akan kami berikan.

Hari senin, 3 Maret 2013 berkumpul dirumah tata untuk melihat kondisi tempat dimana kami akan mengajar sekaligus mempersiapkan semuanya. Setelah kumpul semua, kami melihat sekilas tempat itu. Tempat dimana kami akan melaksanakan proyek besar kami, tempatnya hanya berlangsung disebuah bangunan Mushola ditengah pemukiman warga. 

Setelah itu, kami bergegas pergi kesalah satu tempat perbelanjaan untuk membeli peralatan yang kami butuhkan untuk mengajar. Sepulangnya dari sana, kami sholat terlebih dulu karna waktu sudah memasuki waktu Dzuhur setelah semuanya selesai sholat, kami melanjutkan projek kami untuk menata dan merapihkan barang barang yang sudah kami beli. Dan ada beberapa yang kami bungkus sebagai buah tanggan untuk mereka bawa pulang serta hadiah untuk kuis yang akan kami berikan kepada mereka.

Waktu sudah memasuki pukul 3 sore dan waktu ashar pun akan masuk. Akhirnya kami memutuskan untuk mengakhiri kegiatan kami. Karna kami juga sudah terlihat lelah dengan kegiatan hari ini, dari pagi kami mempersiapkannnya semuanya. Karna kami berharap kegiatan ini berlangsung sukses dan menghasilkan pengalaman yang menarik buat kami kedepannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger